Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Pemahaman Virtual Private Server Untuk Hosting Website




VPS ialah akronim dari Virtual Private Server, merupakan server virtual dari server fisik yang di bagi bagi menjadi beberapa server virtual. Untuk membagi server tersebut umumnya dipakai Operating System seperti Proxmox, VM Ware, VirtualBox dll. Jika anda mempunyai suatu situs web supaya situs web anda mampu di susukan ke jaringan internet VPS Hosting ialah penyelesaian yang paling gampang.

Tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated (langsung) di server meskipun dipakai oleh lebih dari satu user. Ada banyak VPS Hosting yaitu share hosting dan dedicated hosting. Share hosting biasanya digunakan untuk website yang memiliki jumlah hadirin sedikit misalnya 500 ribu user perbulan. Dedicated hosting digunakan untuk menanggulangi situs web dengan trafik yang tinggi misalnya 5 juta user perbulan.

Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa suatu VPS lebih murah jika dibandingkan harus berbelanja      server sendiri dan kawasan yang perlu ditawarkan. Maintenance telah ditangani oleh teknisi dari pemasokjasa hosting yang anda sewa. Biasanya VPS hosting dis ewa oleh pemilik situs yang sudah mmeperoleh trafik yang cukup tinggi mlebihi batas penggunaan yang dianjurkan oleh share hosting.

Bagaimana cara kerja VPS Hosting

Server merupakan daerah web hosting anda menyimpan file database yang diperlukan oleh website, setiap user mengakses situs web memakai browser maka request akan dikirim ke web server, kemudian web server mengantarfile data yang di request oleh client sehingga data mampu di tampilkan di halaman web browser, mirip video, gambar, goresan pena dll. VPS hosting menawarkan server virtual yang memalsukan server fisik meskipun dalam kenyataannya server tersebut terbagi antara beberapa user menggunakan terknologi virtualisasi salah satunya Proxmox.

Saat anda memakai VPS maka anda menciptakan platform situs web dengan jaminan resource server seperti (memori, disk space, CPU core, dll) yang tidak mengharuskan anda menyebarkan user dengan yang lain. Anda memiliki kontrol sendiri terhadap server anda seperti susukan root level mirip anda meyewa dedicated server tapi dengan biaya yang lebih murah.

Kelebihan VPS Hosting

1. Lebih cepat dan mahir dari pada server shared hosting.
2. Masalah trafik website situs lain tidak kuat pada website anda
3. Anda memiliki jalan masuk admin root server
4. Privasi lebih terjamin dimana database file file website tersimpan di server VPS milik kita
5. Resource server melayani tarfik situs web kita.

Kekurangan VPS Hosting

1. Biaya lebih mahal dibandingkan Share Hosting 
2. Anda harus paham teknis dalam mengurus server, konfigurasi webserver, IP Server, DNS Server, database server, CMS untuk konten server, monitoring dll.
3. Pengaturan yang salah pada server akan berakibat pada persoalan keselamatan.

Kapan pindah ke VPS Hosting

VPS hosting menjadi pilihan bagi situs web anda yang sudah meningkat , bahkan sudah melebihi batas reosurce share hosting. Jika paket yang disediakan Share Hosting sudah tidak mengakomodasi keperluan situs web anda, saatnya beralih ke VPS Hosting. Namun bagi anda yang sejak permulaan ingin menggunakan VPS Hosting untuk website mirip Ecommerce untuk transaksi jual beli yang lebih aman hal ini bisa anda pergunakan. VPS menjadi penyelesaian dilema keselamatan transaksi situs web anda, meminimalkan resiko kebocoran data yang disebabkan oleh seorang pencuri.

Apa itu VPS Managed

Anda tidak mampu mengorganisir VPS Hosting, bukan masalah susah kini sudah ada VPS managed yang menjadi solusi untuk anda yang ingin mengurus website tetapi tidak bisa secara teknis tentang konfigurasi dan monitoring server. Sudah banyak provider hosting yang memperlihatkan pilihan ini ke pelanggan dengan pertolongan pemberian 24/7 untu kmengelola VPS Hosting anda.

VPS Hosting menjadi pilihan bagi anda yang sedang berbagi website dengan trafik yang cukup tinggi, keunggulan VPS Hosting bisa menanggulangi lonjakan trafik situs web tanpa terpengaruh oleh situs web lain, seperti yang terjadi pada share hosting. Demikianlah artikel tentang pembahasan VPS hosting, kapan mesti memakai VPS dan kelebihannya.


Apabila artikel tentang Pemahaman Virtual Private Server Untuk Hosting Website Terbaru Agustus 2022 ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman Anda dan baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Carasetting.net yang mungkin Anda suka dibawah ini.

© CaraSetting.Net. All rights reserved. Developed by Jago Desain