Nonton video dibayar ratusan ribu. Klik here

Cara Setting Mikrotik Rb750r2 Dengan Winbox

Cara Setting Mikrotik Rb750r2 Dengan WinboxKebetulan baru membeli mikrotik RB750r2 untuk keperluan share internet dari Indihome ke tetangga sekitar rumah, kami memakai paket 50 mbps untuk keperluan 10 rumah perkiraan untuk pemakaian gadget sekitar 20 an.

Saya merasa puas berlangganan internet dari indihome alasannya memang stabil dan nyaris tidak pernah ada gangguan bermakna.

Mikrotik RB750r2 saya pergunaakan untuk menjalankan fitur hotspot agar setiap terusan ke rumah memiliki username dan password.

Kaprikornus setiap rumah kami pasang perangkat wireless router mirip TP-Link, Tenda, Toto Link dll, untuk jalur koneksi aku menggunakan kabel LAN UTP ada juga yang memakai media fiber optik memakai converter fiber optik. Untuk penggunaan kabel UTP jarak maksimum sekitar 50 meter dan bila memakai kabel fiber dirasa masih mahal sebab ketambahan konverter fiber.

Untuk jarak yang jauh sekitar 100 meter hingga 250 meter kami memakai kabel fiber optik, jika di hitung dengan ongkos maka akan lebih hemat biaya. Salah satu kelebihan mikrotik ialah mempunyai banyak fitur antara lain: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS ialah tata cara operasi Linux base yang diperuntukkan selaku network router.

Cara Setting Mikrotik Rb750r2 Dengan Winbox

Berikut cara konfigurasi Mikrotik RB750r2:

1. Hubungkan sumber internet dari kabel LAN ke port ether1 Mikrotik

2. Hubungkan port ether2 ke laptop atau PC dengan kabel LAN, kalau perlu setting IP 192.168.88.2 karena routerboard secara default menggunakan IP 192.168.88.1

3. Buka aplikasi winbox, dan login ke RouterOS

4. Konfigurasi DHCP Client

IP-->DHCP Client -->+-->Ether1


5. Konfigurasi IP Address Ether2


6. Konfigurasi NAT
IP-->Firewall-->NAT


7. Konfigurasi Hotspot
IP-->Hotspot-->Server-->Hotspot Setup









Membuat User Profile Hotspot, untuk mengontrol bandwidth masing masing user. Misalkan untuk profile Paket 2 Mbps, Paket 3 Mbps, Paket 5 Mbps
1. IP --> Hotspot --> User Profiles --> +


Untuk membuat profile lainnya mampu di tambahkan sesuai cara di atas, kini menambahkan user untuk masing masing profil.
IP --> Hotspot --> Users --> +



Untuk masing masing user, mampu di tambahkan mirip cara di atas dan di sesuaikan Profile yang di buat apakah memakai paket 2 Mbps, 3 Mbps, 5 Mbps.

Apabila artikel tentang Cara Setting Mikrotik Rb750r2 Dengan Winbox Terbaru Agustus 2022 ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman Anda dan baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Carasetting.net yang mungkin Anda suka dibawah ini.

© CaraSetting.Net. All rights reserved. Developed by Jago Desain