Kumpulan Aplikasi HP Android APK Pro Full Version. Klik disini

Cara Pasang TWRP + Root Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)

Carasetting.net, TWRP - Untuk cara pasang atau install TWRP dan Root Redmi Note 5A Lite (UGGLITE) yang pertama harus kalian tahu yaitu smartphone harus sudah dalam status Unlock Bootloader (UBL).

Selain itu, kalian harus terlebih dahulu mengetahui tipe atau kode nama (code name) agar nantinya kalian tidak salah dalam melakukan install TWRP tersebut.

Umumnya, cara install TWRP dan Root dengan proses semacam ini hampir sama, hanya saja yang membedakan dari segi file TWRP dan aplikasi root-nya saja.

TWRP Dan Root

Cara Pasang TWRP + Root Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)
Cara Pasang TWRP + Root Redmi Note 5A

Team Win Recovery Project atau disebut juga dengan TWRP adalah aplikasi open-source yang berfungsi untuk menginstall rom dari pihak ketiga atau berguna juga sebagai alat untuk melakukan backup/restore rom di HP smartphone.

Sedangkan pengertian root di hp android adalah sebuah proses untuk mendapatkan ijin akses ke semua sub-sistem di dalam sistem HP Android baik itu smartphone, tablet maupun perangkat jenis agau tipe android lainnya yang mempunyai tujuan agar user mendapatkan akses penuh atau lebih familiar disebut dengan "akses root/akar".

Tujuan Pasang TWRP Dan Root

Biasanya, kebanyakan user yang ingin install custom recovery seperti TWRP dan melakukan root ini mempunyai tujuan untuk menjadikan tampilan pada smartphone mereka terlihat lebih indah, stabil, smooth, overclock dan lain-lain sesuai yang diinginkan user tersebut.

Apabila kalian memiliki juga tujuan tersebut, dikesempatan kali ini kami akan mengulas cara memasang atau install TWRP serta root di HP Redmi Note 5A Lite (Ugglite) dengan code name UGGLITE.

Cara Pasang TWRP + Root Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)

Cara Pasang TWRP + Root Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)

Bagi kalian yang sudah memiliki hpnya dan ingin menginstal TWRP serta melakukan Root sekaligus bisa ikuti tutorial dibawah ini.

Hal-Hal Yang Wajib Dipersiapkan

1. Laptop/PC/Komputer
Silahkan persiapkan unit laptop, pc atau komputer sesuai yang kalian gunakan saat ini.

2. Unlock Bootloader
Pastikan hp smartphone kalian sudah berstatus UnlockBootloader (UBL), apabila belum, maka kalian bisa melakukan hal ini lewat tutorial berikut: Cara Unlock Bootloader Xiaomi

3. Kabel Data/USB Original
Silahkan gunakan kabel data atau kabel USB orginal Xiaomi atau USB yang berkualitas bagus agar bisa berjalan dengan baik.

4. Download TWRP Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)
Download Mipedi ToolKits TWRP Redmi Note 5A Lite (UGGLITE) dibawah ini.

TWRP

5. Download Noverity
Download Noverity untuk mencegah apabila terjadi Bootloop dibawah ini.

Noverity

6. Aplikasi SuperSU/Magisk Root
Silahkan download SuperSU atau Magisk untuk dipakai akses root nantinya.

SuperSU OR Magisk

7. Backup Smartphone
Lakukan proses backup terlebih dahulu untuk mencegah apabila ada hal yang tidak inginkan terjadi sehingga mengakibatkan data di penyimpanan internal kalian hilang.

Setelah mengetahui beberapa pengertian dan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk instal dan root, maka selanjutnya langsung saja simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 5A Lite (UGGLITE)

Adapun langkah-langkah untuk cara pasang TWRP di HP Xiaomi Redmi Note 5A adalah sebagai berikut:
  • Pertama, matikan daya hp smartphone kalian terlebih dahulu
  • Kemudian silahkan masuk ke mode fastboot dengan cara klik "TOMBOL VOLUME BAWAH" terlebih dahulu lalu klik tombol "POWER" secara bersamaan sampai muncul logo MIUI BUNNY.
  • Setelah itu jangan lupa untuk ekstrak tools Mipedi ToolKits TWRP Redmi Note 5A Lite (UGGLITE) di komputer kalian, bisa menggunakan WinRAR, software 7zip, atau yang lainnya
  • Pastikan kalian sudah menginstall Mi PC Suit/MiFlash Tool atau boleh juga dengan Driver Qualcomm agar driver hp smartphone kalian terdeteksi dengan baik
  • Selanjutnya hubungkan kabel data/USB dari Xiaomi Redmi Note 5A Lite ke komputer
    Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 5A
  • Jalankan Tools Mipedi ToolKits dengan menekan "Mipedi ToolKits TWRP Redmi Note 5A Lite (ugglite).bak"
  • Setelah itu ikuti perintah yang ada di Tool Kits tersebut menggunakan keyboard, klik tombol angka (1) terlebih dulu untuk memastikan kode device atau (code name) atau tipe HP Xiaomi kalian apakah sesuai dengan TWRP yang akan di install.
  • Kemudian ikuti perintah selanjutnya dan pilih untuk menekan tombol (2) untuk melakukan install TWRP Redmi Note 5A Lite (ugglite)
  • Apabila berhasil, maka secara otomatis hp kalian akan beralih dari mode Fastboot ke mode TWRP.
Sampai tahap ini sebenarnya perangkat sudah terpasang Twrp, jangan melakukan reboot system dahulu, baca artikel ini sampai selesai untuk melakukan rootnya.

Cara Install Root di Xiaomi Redmi Note 5A Lite [UGGLITE]

Adapun langkah-langkah untuk cara melakukan Root di Xiaomi Redmi Note 5A Lite (ugglite) yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan salin atau copy File SuperSU yang di download tadi ke Penyimpanan Internal HP / di External (SDCard) HP atau OTG. Kami menyarankan untuk menyalin SuperSU di SDCard HP
  • Setelah itu matikan daya HP kembali terlebih dahulu
  • Setelah HP mati, silahkan beralih ke mode recovery/TWRP dengan cara klik tombol VOLUME ATAS terlebih dahulu lalu klik tombol POWER secara bersamaan, tunggu beberapa saat sampai terlihat menu di TWRP.
    Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 5A
  • Setelah masuk ke TWRP, silahkan pilih menu Install lalu carilah file SuperSU yang telah kalian simpan tadi, untuk pengaturan akses data penyimpan, kalian bisa terlebih dahulu memilih "Select Storage" di menu Install yang kalian pilih jika kalian menyimpan file SuperSU tersebut di SDcard
  • Setelah file SuperSU sudah ketemu, pilih "Swipe to Confirm Flash" maka secara otomatis pemasangan root akan berjalan.

Catatan:
Tunggu saja sampai proses install selesai. Akan tetapi, pada tahap ini jangan melakukan reboot, Ingat jangan di reboot!. Sebelum mereboot perangkat maka kalian perlu melakukan proses install file noverity yang telah kalian download tadi untuk mencegah terjadinya bootloop nantinya, untuk lebih detailnya, kalian bisa membaca tahapannya dibawah.


Selesai, untuk melihat apakah HP sudah ter-root atau belum, kalian bisa mengeceknya dengan menggunakan bantuan aplikasi RootChecker.

Cara Install Noverity Xiaomi Redmi Note 5A Lite [UGGLITE]

Untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya seperti bootloop, maka sebelum memilih "reboot system" jangan lupa untuk melakukan proses pasang file noverity.zip baik itu setelah berhasil pasang TWRP, Root, Kernel, Update ROM, Custom ROM, Dll yang memakai TWRP maka disarankan untuk menginstal file noverity.zip untuk menghindari terjadinya bootloop nantinya.

Adapun langkah-langkah cara install Noverity di Xiaomi Redmi Note 5A adalah sebagai berikut:
  • Copy atau simpan File noverity.zip ke Penyimpanan Internal HP atau di External (SDCard) HP atau OTG
  • Klik tombol back atau kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih menu install dan cari file noverity.zip yang telah kalian simpan tadi
  • Setelah file sudah ditemukan, silahkan geser "Swipe to confirm flash". Maka secara otomatis install noverity akan berjalan
    Cara Install Noverity Xiaomi Redmi Note 5A
  • Tunggu sampai proses install noverity selesai lalu baru lakukan reboot dengan pilih reboot system.

Warning!
Segala resiko yang diakibatkan selama proses install ditanggung pengguna masing-masing, Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan atau kesala dalam menjalankan proses instalasi bukan tanggung jawab kami. Ingat! DWYOR.


Demikian untuk artikel lengkap mengenai cara install twrp, cara install noverity.zip dan cara root di hp Redmi Note 5A Lite yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya!.
© CaraSetting.Net. All rights reserved. Developed by carasetting.net