Kumpulan Aplikasi HP Android APK Pro Full Version. Klik disini

Pengertian Dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer? Pengertian Topologi Jaringan yaitu suatu rancangan jaringan yang dibentuk dengan menghubungkan secara geometris beberapa atau banyak komputer menjadi jaringan yang saling terkoneksi satu sama lainnya. Dalam pengerjaan topologi jaringan, ada banyak faktor yang membedakan seperti skala jaringan, ongkos, tujuan, penggunaan serta akomodasi dalam maintance. Setiap jenis topologi jaringan mempunyai kelemahan dan kelebihan dari aneka macam sisi faktor yang membedakannya. Makara, kalau Anda ingin membuat sebuah topologi jaringan komputer, seharusnya melakukan sebuah simulasi atau ilustrasi terhadap desain jaringan yang nantinya akan dibentuk.
Dalam pembuatan desain topologi jaringan, sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi. Anda perlu memahami beberapa macam topologi jaringan komputer yang ada. Topologi jaringan yang diketahui pertama kali yakni topologi bus, tetapi seiring pertumbuhan zaman teknologi muncullah macam-macam jenis topologi lainnya, mirip topologi ring, star, dan mesh.

Jenis Jenis Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Bus

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap
Konsep Topologi Bus
Apa yang dimaksud topologi Bus? Skema Topologi bus yaitu membuat jaringan komputer tersusun rapi menggunakan satu kabel coaxial dan tiap komputer terhubung menuju kabel menggunakan conector BNC serta kedua ujung kabel coaxial berakhir oleh terminator.
  • Kelebihan topologi bus ialah tidak memerlukan kabel begitu banyak dan panjang sehingga meminimalkan ongkos pemasangan.
  • Kekurangan topologi bus ialah jika ada gangguan pada satu komputer, maka mampu mengganggu jaringan komputer lain, sulit mendeteksi gangguan jaringan yang terjadi, berpeluang terjadinyan antrian data, jikalau jarak komputer satu dengan lainnya jauh maka dibutuhkan repeater.

2. Topologi Ring

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap
Konsep Topologi Ring

Apa yang dimaksud topologi Ring? Skema topologi ring yakni membuat jaringan komputer dengan menghubungkan komputer satu dengan yang yang lain sampai kembali ke komputer pertama memakai LAN card membentuk rangkaian melingkar atau disebut juga topologi cincin. Dalam proses kinerja, kalau komputer 1 mengantarfile data ke komputer 4, maka data tersebut akan berjalan melewati komputer 2 dan 3 sebelum sampai di komputer 4. Secara spesifik, data tersebut pengirimannya akan dilanjutkan jika tidak cocok dengan IP address tujuan.
  • Kelebihan topologi ring adalah proses pemasangan dan instalasi gampang, menggunakan sedikit kabel LAN sehingga ekonomis ongkos.
  • Kekurangan topologi ring ialah kalau salah satu komputer atau kabel bermasalah, maka proses transfer pengantaran data akan terganggu/error.

3. Topologi Star

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap
Konsep Topologi Star

Apa yang dimaksud topologi jaringan star? Skema topologi star yakni membuat sebuah jaringan komputer dengan menghubungkan semua komputer ke perangkat Hub/Switch (Baca : Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer) menggunakan kabel UTP sehingga berupa mirip bintang. Hub/Switch berfungsi selaku pengontrol lalu lintas data, sehingga bila komputer 2 mengirimkan data ke komputer 5, maka data akan diantarke hub/switch lalu dilanjutkan langsung ke komputer 5 tanpa melalui komputer yang lain. Bentuk topologi jaringan star kini ini banyak dipakai diberbagai daerah perkantoran, kampus, warkop dan yang lain.
  • Kelebihan topologi star yakni gampang mendeteksi komputer yang sedang mengalami gangguan/error, gampang untuk memperbesar dan meminimalisir perangkat komputer tanpa mengganggu komputer yang lain, tingkat proteksi/keselamatan data lebih tersadar.
  • Kekurangan topologi star yakni dibutuhkan biaya tinggi untuk memasang versi jaringan, membutuhkan kabel dan switch/hub, kestabilan jaringan tergantung pada terminal pusat sehingga bila hub/switch mengalami kerusakan maka seluruh komputer akan terdampak juga.

4. Topologi Mesh

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap
Konsep Topologi Mesh
Skema topologi mesh yakni membentuk jaringan komputer dengan menghubungkan secara langsung kabel tunggal komputer satu ke komputer yang lain secara menyeluruh sehingga saling terhubung pribadi satu dengan yang yang lain. Hal ini menyebabkan proses transfer data bisa lebih cepat alasannya adalah eksklusif menuju ke komputer tujuan tanpa lewat komputer lain atau perangkat hub/switch (dedicated links).
  • Kelebihan topologi mesh yaitu proses transfer data lebih singkat tanpa lewat komputer lain, bila salah satu komputer ada gangguan, maka tidak memiliki pengaruh pada komputer lain secara kinerja.
  • Kekurangan topologi mesh ialah memerlukan ongkos yang tinggi untuk merangkai skema tersebut, membutuhkan kabel dalam jumlah banyak, setiap komputer mesti mempunyai port I/O (Baca : Pengertian Input dan Output dalam Komputer), proses instalasi memerlukan kejelian alasannya mampu dibilang skemanya sangat rumit.

5. Topologi Tree

Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer Pengertian dan Jenis Jenis Topologi Jaringan Beserta Gambarnya Lengkap
KonsepTopologi Tree
Skema topologi tree adalah menciptakan jaringan komputer dengan menghubungkan dan menggabungkan desain topologi star dan topologi bus. Dalam setiap jaringan topologi star ke jaringan topologi star yang lain akan dihubungkan memakai topologi bus. Biasanya topologi jaringan star yang lebih tinggi mampu mengatur topologi jaringan yang berada pada tingkatan yang lebih rendah.
  • Kelebihan topologi tree yakni akomodasi dalam mendapatkan gangguan jaringan dan pergantian jaringan apabila diperlukan.
  • Kekurangan topologi tree yakni memerlukan biaya tinggi alasannya beban kabel yang banyak serta kebutuhan hub/switch, bila terjadi gangguan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan dibawahnya akan terkena imbas dilema gangguannya, sering terjadi goresan dan lambat dalam proses transfer data.
Dalam perkembangannya, banyak sekali versi topologi jaringan yang meningkat dari versi topologi jaringan yang ada. Pada intinya banyak yang melaksanakan variasi dari beberapa macam topologi yang ada, sehingga keperluan akan sebuah jaringan komputer yang efisien, hemat dan tanpa hambatan terpenuhi. Berikut di bawah ini pola pembuatan topologi jaringan star dari Sekolah Menengah kejuruan Tunas Harapan Pati.
Demikian postingan tentang pemahaman dan jenis jenis topologi jaringan berserta gambarnya. Anda bisa menjajal menentukan salah satu topologi sesusai kebutuhan dan ketersediaan perangkat anda. Ingat, pastikan dulu beberapa perangkat sudah siap dan Anda tinggal merakit sesuai dengan desain topologi jaringan yang anda pilih. 
© CaraSetting.Net. All rights reserved. Developed by carasetting.net